Senin, 25 Januari 2010

Belajar dari pelatihan motivasi siswa


pada sabtu 23 januari di skul diadakan pelatihan sehari dengan agenda pelatihan motivasi buat siswa khususnya yang kelas 9 dalam menghadapi UAN...pematerinya dari KPI surabaya.
bahwa untuk mencapai sukses dalam belajar siswa harus mamiliki daya KONSENTRASI, STRATEGI dan MOTIVASI tiga hal ini adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh siswa jika ingin sukses dalam belajar.

KONSENTRASI ini sesuatu hal yang penting bagi siswa dimana dalam mengikuti pembelajaran jika tanpa adanya konsentrasi maka apa yang didengarkan apa yang dijelaskan oleh bapak ibu guru menjadi sia sia.dengan konsentrasi siswa dilatih untuk mengikuti alur cerita yang pada akhirnya akan membawa pada siswa satu pemahaman tentang sesuatu. konsentrasi tidak begitu saja bisa dilakukan kebanyakan siswa ini perlu pembiasaan bahkan kerja keras bagi siswa mengingat lingkungan sekitar siswa banyak yang berusaha mengganggu konsentrasi..perlu pembiasaan sejak kecil untuk konsentrasi...konsentrasi tidak hanya dalam pemhaman fokus sejenak pada sesuatu dalam jangka waktu tertentu tapi lebih dari itu kemampuan siswa dalam memprioritas tentang sesuatu sehinggan mampu mengambil sikap yang tepat itupun termasuk bagian dari konsentrasi. bagi pengajar masalah konsentrasi siswa adalah masalah yang mendasar dalam, kenyataannya berapa banyak anak yang diam seolah mendengarkan tapi dalam kenyataannya pikiran anak tersebut sebenaarnya terbang kemana mana..sehingga ketika bapak guru atau ibu guru memberi feed back atau kesempatan untuk tanya anak cenderung diam ndak mau ambil resiko. masalah konsentrasi anak bisa juga didukung oleh kemampuan pengajar dalam mengkondisikan situasi belajar di ruang kelas, guru diharapkan punya banyak cara dan strategi agar siswa mampu menjaga daya konsentrasinya selama jam pelajaran tdak jarang konsentrasi siswa hanya mampu bertahan 5 menit setelah itu pikiran siswa sudah pergi entah kemana..sebenarnya secara kasat mata seorang guru mampu membaca mana anak yang konsen terhadap pelajaran dan mana anak yang ngelamun bahkan ngantuk saat jam pelajaran. sehingga menurut saya guru punya peran yang sangat penting dalam menkondisikan situasi belajar di dalam kelas guru harus mampu mengembangkan metode pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa tidak bosan dengan tampilan bapak iibu guru. sehingga sudah jadi tugas guru untuk selalu berusaha menambah keilmuannya tentang cara pembelajaran bisa ikut pelatihan workshop atau dengan membaca di buku untuk menambah wacana kemampuan pembelajaran.
STRATEGI satu kata yang sederhana dan sangat familiar ketika seseorang akan melakukan sesuatu dengan tujuan tertentu. dengan strategi seseorang diharapkan mampu mencapai tujuan dengan tepat dan efesien. siswa dalam belajar perlu strategi agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. selama ini yang biasa dilakukan oleh siswa dalam menghadapi ulangan atau ujian ,strategi yang dilakukan adalah posisi yang menguntungkan artinya memungkingkan bagi siswa untuk menyontek tanpa terlihat oleh guru / pengawas,atau bisa juga mempersiapkan coretan coretan kecil untuk menyontek ketika ulangan dilakukan dengan berbagai cara siswa / anak .strategi yang dimaksud dalam hal ini adalah siswa diharapkan memanfaatkan waktu dan tenaga seefesien mungkin dengan hasil yang maksimal. strategi lebih ditekankan pada berbagai upaya siswa untuk menguasai berbagai materi yang diujikan ketika merasa perlu maka diharapkan siswa menambah belajarlah melalui lembaga bimbingan belajar, berdo'a merupakan bagian dari strtegi belajar untuk tidak selalu takabur atau lupa akan siapa sebenarnya kita dengan berdo'o akan memberikan ketenangan batin bagi siswa untuk melaksanakan ujian .upaya berdoa diharapkan dilakukan setelah siswa melakukan usaha keras dan di akhiri dengan berdoa.
MOTIVASI kata yang terakhir bagi saya adalah roh yang penting dalam proses belajar gimana siswa akan selalu bersemangat dalam belajar ketika dalam diri siswa masih memiliki motivasi.

0 comments:

About This Blog

hanya ini yang bisa diutarakan , sekedar basa basi yang tak berarti...sedikit belajar dari masa yang telah dilalui...semoga bisa berperan lebih...

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP